Monday, July 28, 2014

Lebaran Absurd

Ngomongin soal Lebaran (Hari Raya Idul Fitri), udah lazimnya hari yang satu ini disambut dengan antusias dan penuh suka cita oleh semua umat muslim di seluruh dunia. Bahkan di Indonesia, baik muslim maupun non-muslimpun  turut menyambutnya dengan suka cita. Iya THR, libur panjang, salam tempel, makanan banyak.

Tapi, kebahagiaan itu tidak bertahan lama terutama bagi para fakir-fakir cinta dan jomblo-jomblo yang udah "lewat masanya". Bagi mereka para jomblo yang udah "lewat masanya", lebaran adalah semacam ajang pembullyan oleh saudara-saudara yang udah duluan berumah tangga. Berikut adalah macam-macam bullyan yang sering dilontarkan oleh mereka para kaum oligarki yang telah merampas demokrasi dan hak-hak oleh kaum patriarki minority amphibi(sengaja dibikin ribet biar kelihatan pinter gua):

SCENE 1

"Ris, elu masih sendiri aje nih? Malu tuh ama Nastar, Nastar aja ada pasangannya masa kamu sendirian aja?" Katanya sambil tertawa kayak tokoh antagonis di film superhero yang lagi kena stroke ringan.

"Emang siape pasangannya Nastar? Muzdalifah?" Sahut gue dengan cueknya.

"Itu Nazar bego"

SCENE 2 

"Kapan nikah ris?"

"Nanti, kalo udah nemu yang pas"

"Nanti itu masih ABSTRAK, sedang umurmu itu PASTI, setiap tahun bertambah satu :))"

"APA??? EKSTRAK??? Oh okee, jadi lu mau gua EKSTRAK, pilih di EKSTRAK bareng kulit manggis atau air kencing unta?"

SCENE 3 

"Eh Ris, ku kasih tau nih, kalau TITIT kau itu selain bisa dipake untuk Saluran Irigasi (baca kencing) Juga bisa dibuat untuk buat keturunan (baca penyerbukan). Ayah udah lama ini pengen punya cucu dari kamu"

"Eh  bentar-bentar, elu kan ayahnya Raditya Dika? Ngapain kemari?"

"Ah jadi kamu bukan Radith ya? Maaf-maaf"

*Gila... ini bapaknya Raditya Dika ngapain nyasar rumah gua, tapi wajar sih karena muka gua emang kayak Raditya Dika banget... Ya kayak Raditya Dika yang abis mencret-mencret gara-gara makan maicih level olimpiade*



***

Tapi yang bikin kampret lebaran kali ini adalah barengan ama tahun politik, ini bener-bener bikin absurd lebaran kali ini. Selama gua pergi berkunjung ke rumah sodara gua, kelakuannya jadi pada aneh-aneh dan nyeremin.

Pertama,  gua berkunjung ke rumahnya Dodit.

Gua mau salaman dan minta maaf ama dia, tapi gua terkejut melihat keadaan dia .

"Dit, elo lagi kena stroke?"

"Emang kenapa?"

"Itu tangan elo kok gitu.."

"Ah elu gak update Ris, sekarang kan lagi ngetren salam 3 jari, kan gua pendukung fanatiknya pak wiwi"

"3 Jari sih 3 jari, tapi gak tiap salaman elu pake 3 jari gitu, lu kira mau ambil rapot"

"Itu cap 3 jari"

Kedua, kerumah sodara

Waktu itu gua denger tuh adik gua lagi disuruh ama ibunya untuk bantu bikin kue. Sebut saja namanya Edgar (Lah, kok jadi kayak adiknya Radith lagi) nah anak yang satu ini badungnya gak ketulungan.

"Edgar... bantu ibu bikin kue, biar bisa cepet dibuat suguhan besok"

"Gampang Mah, Serahin aja ke Programmer, dua minggu... kelar"

lain adegan

"Edgar... ini kok tekonya bocor kamu apain?"

"Masih mending teko yang bocor, daripada kekayaaan negara yang bochor... bochor..."

lain adegan

"Edgar, ini mamah suruh buat kartu ucapan lebaran kok malah jadi kek gini"

"Sekarang udah gak jaman mah pake kartu ucapan lebaran, sekarang lagi ngetren yang namanya Kartu Indonesia Sehat, dan Kartu Indonesia Pintar, jadi Edgar bikin itu aja deh lebih bermanfaat"

Dan begoknya lagi gua nimpalin

"Dek, ada Kartu Indonesia kaya gak?"

"Kalo itu mah beli Kartu Remi terus pake judi aja bang, supaya kaya"

Lalu secara ajaib Bang Rhoma nongol dan nyanyi

"Begadang jangan begadang... kalau tiada artinya"

"Woy, ini lagi bahas judi kenapa lagunya begadang"

"Ah elu tong, judi kan biasanya sambil begadang juga"

:genius:

Lain adegan

"Dek, lebaran tanggal berapa?"

"Gak tau bang, quick count nya beda-beda, mending nunggu real count KPU aja bang"

"Oh oke, tapi kalo hasilnya beda jangan dituntut ya, ampe bawa 10 truk"

"Gak bang, paling cuma 5 lembar"


***

Nah kan, lebaran (gua) kali ini emang absurd banget, tapi seru juga sih. Walaupun agak berduka cita untuk anak kos karena kembali bertemu dengan mie instan (ciyee yang anak kos)

Dan berikut adalah saran untuk kalian semua yang mau mudik: (diambil dari Fanpage FB: The Real Suara Rumput Liar dengan pengubahan seperlunya)

1. Bawalah pakaian secukupnya (bukan cuma garam aja yang harus di taburin secukupnya)

2. Waspada terhadap orang yang tidak dikenal, siapa tahu mereka ada pesulap (Yak kita belum pernah ketemu, kita tidak saling kenal.)

3. Agar rumah aman, dan biar gak ada yang masuk pajang tulisan di depan rumah: "BATAS SUCI, BAGI YANG INGIN MASUK HARAP LEPAS ALAS KAKI" (Ya setidaknya walaupun tetep kecurian, rumah kalian tetap terbebas dari kotoran sepatu para perampok. Kan enak pas pulang kalian gak perlu bersihin rumah lagi. Gilaa.. penting banget kan saran gua)

4. Agar terhindar dari macet, banyakin makan agar-agar dan yang berserat lainnya biar lancar\

5. Sebelum berangkat, berdo'a dulu supaya selamat sampai tujuan, dan semoga gak ketemu sama mantan. Karena sesungguhnya, nyesek itu adalah ketika kita lebaran ketemu lagi ama mantan yang udah bawa suami dan punya anak, dan kita masih jomblo dan lontang-lanting :foreveralone:

6. Bawa peta, jangan sampai tersesat, apalagi tersesat di kenangan masa lalu.

7. Jangan mengeluh terjebak macet, masih mending daripada terjebak di lift bareng homo yang suka kentut

8. Mudiknya lewat jalur pantura, jangan lewat jalur SBMPTN, susah bro.. gua ngalami sendiri.

9.Jangan ngebut, karena elo gak lagi kesurupan (Itu nyebut bukan ngebut woy)

10. Kalau bingung tanyakan pada peta

"Hai peta, aku tersesat nih, rumah nenek lewat mana ya?"

"Gampang ikuti kata-kataku. Hutan.... Gunung... Rumah Nenek."

"Sekali lagi Hutan... Gunung... Rumah Nenek"


Sekian dan Selamat Berlebaran

Versi aslinya



Fanpage The Real Suara Rumput Liar

0 comments:

Post a Comment

 
Rumah Untuk Amaltea Blogger Template by Ipietoon Blogger Template